F1 Gp Sepang Malaysia 2014 - Panduan nonton Formula 1 malaysia

Well guys, ini pengalaman gue nonton F1 Gp Malaysia 2014.. semoga entri ini bisa memicu kalian para fans F1 dan pembalapnya nonton secara langsung di circuit. :)

TICKET F1

di tahun 2014, Gp F1 Sepang Malaysia diadakan dari tgl 28.29.30 Maret 2014 . untuk jadwal terupdate setiap tahunnya mengenai balapan di sepang, kalian bisa cek www.sepangcircuit.com . tiket f1 juga bisa dibeli via online website dan secara langsung di ticket booth sewaktu acara. FYI, ticket yang kalian beli adalah ticket paket selama 3 hari, which is kalian bisa nonton dari hari jumat sesi latihan 1 dan 2, di hari sabtu sesi latihan ke 3 dan kualifikasi, dan hari minggu race day.



Jenis-jenis ticket di circuit sepang ini beragam, ada 3 macam kategori dengan sub kategorinya, dari MAIN GRANDSTAND, GRANDSTAND, dan HILLSTAND. untuk Main Grandstand dibagi lagi menjadi North Main Grandstand dengan view paddock / pitstop dan South Main Grandstand dengan view track lurus dan turn terakhir sebelum finish.

oh iya, harga setiap Main Grandstand juga berbeda-beda. harga Main Grandstand Upper lebih mahal dibanding yang Lower. entah kenapa lebih mahal, tapi menurut saya sih lebih enak nonton di seat Lower karena lebih dekat dengan track dan lebih jelas melihat pembalap. best view kalo kalian punya budget yang lebih, pilih Main Grandstand North Lower kategori Crystal (1.220 RM) atau Garnet (670 RM). karena view yang kalian dapat langsung di posisi start/finish dan bisa liat podium saat acara balapan selesai. enaknya lagi karena balapan dimulai dari siang hari (biasanya ada Gp2 atau balapan lokal sebelum F1), tempat duduknya bernomor dan ada atapnya jadi nggak akan kepanasan.

kalau mau liat adegan menegangkan di turn 1 dimana pembalap biasanya di lap pertama berhamburan dan tak jarang ada tabrakan pilih ticket tipe K1 GRANDSTAND seharga (660 RM x Rp.3500 = Rp. 2.310.000). tahun ini juga saya nonton dari K1 Grandstand. berikut viewnya ;


kalo mau nonton hemat bisa pilih kategori HILLSTAND dengan harga mulai dari 80 RM ( 80 x Rp. 3500 =  Rp. 280.000) tapi ini nontonnya di bukit dengan beralaskan rumput hehe. jadi siap-siap bawa payung, alas duduk, dan pake sunblock karena kalo lagi panas, panasnya bukan main. terus siap-siap juga kalo hujan, karena biasanya dari 3 hari perhelatan, pasti ada satu hari dimana circuit akan di guyur hujan.

note : kalo mau berburu ticket F1 murah biasanya akan di sale up to 50% untuk pembelian earlybird. jadi misalnya tahun F1 race 2014, ticketnya sudah bisa di dapatkan di akhir tahun 2013. nggak ada salahnya coba hunting ticket melalui website resmi atau website lokal yang bekerja sama seperti kiostix.com atau rajakarcis.com


TRANSPORTASI

Untuk transportasi jangan khawatir, karena selama perhelatan F1 banyak sekali jenis transportasi yang di sediakan oleh Malaysia tourism. ada rapidKL, taxi, dsb.



FYI, jarak Circuit sepang hanya +/- 10km dari bandara KLIA (kuala Lumpur International Airport) dan juga dari bandara LCCT (Lower Cost Carier Terminal). buat yang mau hemat, bisa langsung naik shuttle bus yang disediakan dari KLIA ke circuit sepang. harganya sekitar 10RM (Rp. 35.000). untuk yang menginap di daerah pusat kota seperti Bukit Bintang, daerah KLCC (Kuala Lumpur) bisa beli paket yang disediakan seperti gambar diatas. ada paket seharga 120 RM untuk return trip all 3 days 28.29.30 Maret 2014 (train + shuttle bus) dengan perjalanan yang dimulai dari KL Sentral - KLIA (train) dan transit di KLIA menuju Sepang International Circuit (SIC) dengan shuttle bus)

 

atau bisa juga dengan Direct Bus Service to SIC dengan pick up / drop off points dari KL Sentral, KLCC, dan LCCT yang lebih murah namun memakan waktu perjalanan +/- 1 jam 15 menit.

kalau nggak mau repot dan bawa anak kecil atau orang tua, lebih baik pilih taxi. namun biasanya taxi tidak mau memakai Argo harga, jadi siap2 merogoh kocek lebih dalam. kemarin saya sekeluarga +/- 400RM untuk pulang pergi dari hotel saya ke Sirkuit Sepang/ SIC. lebih mahal memang, tapi percaya deh tenaga kalian akan habis terkuras setelah nonton F1 dan nggak perlu repot berebut kendaraan saat bubaran acara F1. karena perlu tenaga extra untuk rebutan menaiki shuttle maupun mencari taxi yang biasanya juga sudah di sewa oleh penonton macam saya hehe. oh iya saya menginap di Novotel di sebrang persis Mall Pavilion. jadi lumayan jauh juga ke Sirkuit Sepang

HOTEL

untuk hotel, sangat saya sarankan untuk menginap di hotel dekat dengan Sepang Sirkuit jika kalian datang ke Malaysia hanya untuk menonton balapan F1. karena bisa meminimalisir budget untuk transport. namun jika ingin sekalian jalan-jalan kalian bisa memilih di daerah BUKIT BINTANG, Chinatown, sekitar KLCC / twin tower juga banyak hotel kok. booking.com bisa menjadi referensi kalian. harga hotel di malaysia masih pas dengan kantong kok jadi jangan khawatir.

TICKET PESAWAT

banyak maskapai yang menyediakan ticket pesawat murah jika kita dengan teliti menyari tahu perkembangannya terutama jadwal salenya. pilihan bisa menggunakan AirAsia.com , Tigerairways, dan Jetstar yang biasanya menawarkan banyak promo. kalo mendadak dan sudah mendekati hari H, biasanya ticket pesawat akan melonjak ke angka yang nggak kira-kira alias semahal-mahalnya ticket.

tapi ada solusi nih buat kalian yang misalnya mepet mau nonton F1 dan belum beli ticket pesawat sekitar 1-2minggu sebelum race. kalian bisa pake maskapai Lion Air. enaknya lagi Lion Air mendarat di bandara KLIA bukan di bandara LCCT.

kemarin saya sekeluarga per orang mendapatkan ticket seharga Rp. 1.7jt /per orang Pulang-Pergi CGK-KUL-CGK dengan kondisi lagi Long Weekend karena hari Jumat 28 Maret 2014 adalah tanggal merah :| 


MY JOURNEY

dan.... setelah sudah merincikan semuanya mari kita mulai cerita saya berpetualang di negeri upin-ipin hehe. sebenarnya nonton F1 di malaysia kali ini ngga di sangka sama sekali dan ini last minute banget ceritanya mutusin pergi hahaha. dengan modal ticket F1 undangan yang notabenenya cuma ada selembar saya memaksakan diri untuk berangkat sendiri, namun nyak babeh dan ade-ade akhirnya ikut juga karena terpengaruh oleh persuasi saya hahaha

singkat cerita kami membooking ini itu (read ; ticket pesawat dan hotel) hanya 1 minggu jelang balapan. ini buat ketar ketir karena ticket pesawat dan hotel melonjak drastis. kami berangkat dari Jakarta (CGK) hari sabtu 29 Maret 2014, dan nggak sempat liat practice 1 dan 2 (nonton sih di TV rumah hehe) karena di hari jumatnya masih ada keperluan yang harus di urus.

Sabtu, 29 Maret 2014


Bangun sekitar jam 6.00 pagi, saya siap-siap melakukan rutinitas sehabis bangun tidur (mandi, sarapan, dll). tanpa packing tentunya karena hari jumat malam saya sudah mempacking baju saya. bermodalkan sebuah ransel pink saya mau pergi ala-ala backpacker ceritanya (4 lembar kaos, 1 celana panjang, 1 celana pendek, 1 jacket, topi, sepatu kets dan peralatan mandi, obat-obatan, dll) dan sebuah tas kamera yang kudu dan wajib di bawa dengan tele lensnya untuk mengabadikan moment-moment mendebarkan (lebay).

07.30 - Berangkat menuju Soekarno Hatta Airport (CGK) dengan mobil pribadi (mobilnya titipin di bandara aja, jauh lebih murah di banding naik taxi pp). sengaja berangkat lebih pagi karena takut macet soalnya long weekend

08.30 - Tiba di Soekarno Hatta Airport (CGK) dan kepagian hahaha. ternyata jalanan yang di prediksi bakalan macet nyatanya kosong. jadi akhirnya setelah memasuki terminal 2, kami langsung menuju check in counter dan ternyataaaa belum dibuka check in untuk ticket yg kami miliki. dengan terpaksa ngeloyor ke Sunda Kelapa Executive Lounge buat makan-makan lagi sambil menunggu

09.45 - kita check in dan setelah menukarkan e-ticket dengan tiket fisik langsung cus ke imigrasi. nah disini antrinya harap sabar :|. long weekend ternyata bikin petugas imigrasi kualahan hahaha. sebenarnya sudah ada fasilitas fast track untuk melewati imigrasi dengan cepat, namun karena saya membawa kedua adik saya yg belum cukup umur untuk menjawab pertanyaan via mesin, jadi harus nunggu cap manual deh

11.20 - sudah masuk pesawat lion air JT280 yang akan membawa kita ke Kuala Lumpur dan flight pukul 11.40

15.00 (waktu malaysia) - pesawat mendarat di KLIA. kami yang sudah kelaparan langsung ngeloyor cari makanan di KLIA. kedua orang tua saya memesan nasi lemak beserta ayam seharga 29RM (mahaaal yaa) sedangkan saya dan adik saya craving for Burger King yang harga paket cheeseburger beserta drink dan fries hanya 14.10RM . setelah makan kami yang rencananya mau langsung nonton kualifikasi, mengurungkan niat karena hujan yang cukup deras menguyur KLIA dan sekitarnya. jadi kita langsung menuju train untuk transit karena terminal kedatangan terpisah dan harus naik shuttle train ke terminal utama yang terdapat gerbang imigrasinya. 



setelah itu takjub melihat bandaranya yang sangat moderen dan terlihat seperti shopping Mall. turun menuju imigrasi kami mampir membeli sim card lokal sana bermerek DIGI seharga 26 RM (berisi 21 RM dan 5RM untuk harga kartunya) lumayan cepat juga dan lebih murah dibanding kena roaming. dengan harga internet unlimited 3RM perhari yang akan dipotong dari saldo pulsa yg telah terisi. setelah itu kami membereskan persoalan imigrasi dan menuju hotel





kami membeli ticket KLIA ekspres menuju KL sentral seharga 35 RM perorang. keretanya sangat cepat dan nyaman. kemudian dari KL sentral menuju hotel tempat kami menginap di Novotel dengan menggunakan taxi dengan argo seharga 31.20 RM. di hotel kami beristirahat dan malamnya kami ke Pavilion Mall yang letaknya disebrang persis Novotel untuk makan malam karena lagi-lagi hujan menguyur malaysia. makanan di food court lantai paling bawah lumayan pas di kantong. saya makan nasi hainan dengan chicken curry seharga 9.90 RM




30 Maret 2014

Sanking antusiasnya nonton f1 dan planning buat ikutan antri meet n greet pembalap f1, saya bangun jam 5 pagi (waktu malaysia) yang kalo dipikir masih jam 4 pagi waktu jakarta -___- . setelah selesai touch up (kalo kata anak jaman sekarang) saya pergi ke supermarket depan hotel membeli sarapan roti dan milo. entah kenapa saya tidak napsu makan sama sekali. mungkin karena terlalu antusias ya.

jam 8 pagi kami sekeluarga diantar oleh taxi yang kami sewa seharga 400RM (mahal sekaliiiii sodara-sodara) menuju Sepang International Circuit. jarak dari Novotel ke SIC +/- 60 KM. dan setibanya disana jam 9 pagi. keluarga saya membeli tiket tambahan di K2 Hillstand karena katanya lebih enak nonton berdiri di depan pembatas dibanding duduk dikursi yang jarak pandangnya lebih jauh.





atmosfer F1 mulai berasa ketika saya menginjakan kaki di depan gerbang Mall Area. bermacam-macam touris dari berbagai negara berkumpul disini untuk mendukung para jagoannya berlaga di seri kedua tahun 2014. saya juga tak kalah dengan mengenakan jacket F1 Kimi Raikkonen limited edition yang sudah saya miliki sejak tahun 2008 (*jaket butek kalo kata bapak saya hahaha). oh ya banyak juga stand official merchandise yang ada di SIC dan harganya lumayan menguras kocek lagi (hobby F1 memang ngga main-main harganya) topi dijual mulai dari 100 RM - 200 RM . baju official team juga dipatok harga 250RM - 500RM . di depan spectator welcome ada 1 stand besar official merchandise dari gabungan team. masuk ke dalam mall area akan ada F1 Village yang lebih banyak lagi dipenuhi official merchandise dari berbagai team.



setelah melihat merchandise dan membeli beberapa, saya kembali ke tujuan saya datang pagi-pagi untuk ikut antri meet and greet. namun jeng jeng ternyataaaa antrian sudah tidak karuan hahaha jadi saya hanya berdiri di pagar depan stage meet and greet dari jam 10.30. padahal jam 12.00 acara meet and greet baru dimulai. kaki keram dan pegal ternyata terbayar karena bisa melihat semua pembalap secara langsung di depan mata. mau sujud syukur rasanyaaa.. walaupun pas giliran kimi cuma melihat dan mendapatkan fotonya dari jarak yang lumayan. tapi tak apa. lucunya alonso membuat ulah dengan selfie di depan mata saya hahaha. kemudian saya menyapa dan disapa balik oleh si rookie dari caterham yaitu Ericsson. saya ingat dia berdiri di depan saya dan saya spontan mengucapkan "Good Luck" kepada dia, kemudian dia membalasnya dengan senyuman dan mengatakan "thank you" dan kembali sibuk menandatangani postcard. sesaat kemudian dia menoleh lagi ke saya dan berkata "you said good luck to me but why you wear ferrari and Raikkonen? not me?" spontan saya langsung cengo dan dia kembali geleng-geleng lalu memberikan postcardnya kepada saya.












finallyy... ketemu kimi dari jarak sedekat ini. it's been 13 years waiting to meet him. walaupun nggak dapet autograph sama posternya tapi sudah lega deh. (next time we'll meet again :) as soon as possible and i'll photo with you personaly)

sudah puas meet and greet, saya pergi ke cafe di dalam f1 Village karena keluarga sudah menanti disana untuk bersantap siang. namun apa mau dikata, saya masih belum merasa napsu untuk makan. sekitar pukul 14.00 saya berpisah dengan keluarga untuk memasuki K1 Grandstand. view yang saya dapatkan supeeerrr deh. disana saya juga janjian dengan para pemegang ticket undangan dari F1 Racing





Jam 14.30 ada driver bus parade. disini semua pembalap menaiki bus double decker untuk menyapa seluruh fans dengan mengelilingi circuit. beberapa pembalap di wawancara mengenai persiapan balapan yang akan mulai satu jam lagi.






Tepat jam 16.00 balapan di mulai, saya enjoy menonton balapan yang berlangsung. namun insiden di lap ke 2 membuat hati saya sedikit teriris karena pembalap jagoan saya kimi raikkonen di tabrak oleh Magnussen pembalap dari McLaren tepat di depan mata saya dan membuat kimi harus masuk pit sehingga kedodoran ke posisi paling akhir :(




beberapa marshall terlihat berlari dengan sigap memunguti serpihan dari mobil kimi raikkonen yang di tabrak oleh Magnussen.



di beberapa lap terakhir juga disuguhi pemandangan yang seru yakni salip-salipan antara mantan rekan se team, Kimi mencoba menyalip Romain Grosjean mantan rekan se teamnya di lotus. membuat kimi harus extra sabar karena aksi gila grosjean yang memblock kimi secara agresif

balapan akhirnya selesai dengan kemenangan duo Mercedes yang super duper kencang. yaitu Hamilton dan Rosberg. di posisi ketiga ada juara dunia 4 kali asal team red bull yaitu Sebastian Vettel.

selesai acara saya langsung pamit dengan teman lainnya dan bertemu keluarga saya. alhamdulillah saya tidak sulit untuk pulang karena supir taxinya sudah datang menjemput. jujur selesai balapan badan saya agak kurang enak. mungkin karena efek angin yang sangat kencang ditambah belum makan apapun (bandel ya, jangan ditiru ya hehe)

saya juga melewatkan After Race Concert Calvin Harris karena sudah ngga kuat capeknya.

saya dan keluarga pun kembali menuju hotel untuk istirahat

30 Maret 2014

bangun sekitar jam 7.00 pagi dan jam 8.00 pagi saya bersama keluarga check out dari hotel. kembali memakai jasa si supir taxi yang mengantar ke SIC kemarin, saya diantar ke choclate factory, Twin Tower dan Central market. kami menghabiskan waktu hanya sebentar dan langsung menuju bandara KLIA. sampai di KLIA pukul 11.30. check in dan yang menyebalkan adalah antrian yang puanjaaaang di IMIGRASI. saya benci bagian ini. 1 jam kami antri di imigrasi dengan perut keroncongan hahaha. jam 12.30 saya santai menuju BK untuk membeli makan siang dan sedang asik menunggu dibungkus saya ditelpon bapak saya karena sudah panggilan terakhir -__- padahal baru jam 12.45 . saya langsung lari sekencangnya menuju gate 4 dan sialnya minuman saya tidak boleh di bawa masuk kabin. seret deh.

thats my unforgettable journey dan perjalanan saya berburu pembalap F1 dan menyaksikan secara langsung tidak berhenti sampai disini :)



*Note :
perkiraan perhitungan Budget :
Ticket pesawat pp Rp. 1.800.000 / orang
Airport tax Rp 150.000 / orang
Transportasi di malaysia, taxi, train KLIA (800RM x 3.500 = Rp. 2.800.000 / ber 5org)
Ticket F1 k1 Grandstand (660 RM x 3.500 = Rp 2.310.000 *gratis* )
Ticket F1 k2 Hillstand (80 RM x 3.500 = Rp 280.000) / orang
Hotel 2 malam Rp 4.000.000
Makan 2 hari x 50RM = 100RM (Rp. 350.000) / org






Komentar

  1. Mba Citra... mau tanya. Kalo beli tiket F1 pas Race Day harganya tetap harga 3 daypass ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo :), iya kalau tiket F1 Malaysia memang terdiri dari 3daypass dalam 1 ticket. kamu bisa lihat infonya di https://www.sepangcircuit.com/ticketing/2016-formula-1-malaysia-grand-prix-official-tick/2016-formula-1-malaysia-grand-prix
      semoga membantu :)

      Hapus
    2. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya :)

      Hapus
  2. mba klo beli tiket langsung di sirkuit masih bisa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo pak, Bisa. di sana ada ticket box yang berada di dekat bus stop / parkir sirkuit sebelum gate utama

      Hapus
  3. Mbak citra saya mau tanya nih. Rencana dr klia saya mau langsung ke Sepang. Adalah bus atau kereta dr klia ke sepang? Harganya kisaran berapa ya? Trus nanti dr Sepang ke KL sentral naik apa ya? Kisaran harganya berapa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba yunian, biasanya ada bus langsung dari KLIA ke Sepang dan aku udah mention di atas RM 10. dari Sepang juga ada bus langsung ke KL Sentral. biasanya untuk Event international transportasi disana sangat menjamin

      Hapus
  4. Halo Mba Citra.. informasinya dong untuk penukaran tiket di circuit apa sampai malam atau gimana yach?? klu dari bukit bintang ke sepang apa ada bus langsung

    BalasHapus
  5. Halo pak irwan, untuk penukaran tiket, regulasinya berbeda-beda setiap eventnya. biasanya kalau beli online akan di beritahukan dimana penukarannya dan sampai jam berapa lokasinya.

    untuk BUS langsung dari bukit bintang setahu saya sih tidak ada, ada bus dari KL Sentral-Sepang seharga RM 18 - RM 30.

    semoga membantu :)

    BalasHapus
  6. Halo mbak nanya dong, itu acaranya meet and greet untuk semua pemegang tiket atau hanya tiket tertentu aja? Terus tiket yg kita beli itu untuk dr fp1 gitu mbak ? Thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Fenty, acara meet n greet dibuka untuk umum karena letaknya di main area sebelum pintu masuk grandstand / biasanya dekat booth pameran / sponsor. kalau mau ikut acara ini, saya sarankan untuk sabar menanti karena banyak fans yang bahkan rela menginap dari H-1. atau jika beruntung, biasanya sebelum sesi qualifikasi di hari sabtu, para pembalap juga mengadakan Q & A disana

      untuk ticket yang anda beli, iya GP Malaysia menawarkan 3 days paket

      semoga membantu ya :)

      Hapus
    2. Oh gitu ya Mbak, biasanya sesi meet and greet itu di hari apa mbak ? Pas Qualifikasi atau sebelum main race. Sorry ya mbak banyak nanya. Thanks

      Hapus
  7. Mbak nukarin e-ticket jadi tiket fisik nya dimana mbak? Heheh makasih

    BalasHapus
  8. halo adelia. tergantung kamu belinya dimana. jika di website resmi, biasanya ketika dikirimkan e-ticket ke emailmu akan disertai penjelasan dan lokasi penukaran tiket :)
    semoga membantu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi belum tentu di sepang baru ditukar ya, mbak?

      Hapus
    2. Iya belum tentu. ada yg bentuknya e-ticket yang sudah ada barcode tinggal scan sehingga tidak perlu tukar tiket fisik atau tidak. saran aku ketika beli, langsung ditanyakan saja mekanismenya seperti apa :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer