PANDUAN Nonton F1 SINGAPORE GP 2019

Hallo, F1 Lovers..


Di postingan sebelumnya aku sudah buat review nonton F1 di Malaysia, sekarang aku akan review gimana caranya nonton F1 di Singapore dengan hemat dan pokoknya terjangkau :)

So, sedikit cerita bahwa pertama kali aku nonton F1 Singapore GP di tahun 2014, masa dimana pembalap jagoanku KIMI RAIKKONEN masih di team Ferrari. well, setelah jadi backpacker sama pacar jaman dulu, pas udah nikah kebetulan honeymoon kemarin aku dan suami kembali nonton F1 Singapore GP 2018. alesannya klasik sih, karena itu tahun terakhir si Kimi di Ferrari. oh ya aku sama suami juga beda jagoan, kalau dia sih teamnya Lewis Hamilton. Singkat cerita semua-semuanya dari 2014 maupun 2018 aku dan suami ngga pakai paket-paket tour buat nonton F1 ! Sangat mudah, murah dan praktis untuk nonton ajang balap malam dengan bonus konser artis papan atas dari Jumat - Minggu.

Here's the simple way how to start your F1 night race holiday!

1. Booking tiket di website resmi Singapore GP


Buat yang mau rencanain nonton F1 di 2019 ini, buruan deh beli tiketnya karena stocknya sudah makin menipis :). Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah memang kesana mau nonton F1 + konser atau hanya sekedar menikmati konsernya saja. Tersedia banyak banget jenis tiket dari mulai Paddock Club seharga $ 9,500 (dollar singapore) - Zone 4 Walkabout $ 288 (dollar singapore) untuk tiket 3 hari sejak Jumat sampai Minggu. harga tiket lainnya bisa di check disini https://tickets.singaporegp.sg/tickets/en/listing/all/ . Btw untuk beli di website ini, kamu harus punya minimal credit card atau account finance luar negeri seperti Pay Pal, western union, dsb ya :)

Hal yang paling penting untuk kamu ketahui adalah sirkuit Singapore ini merupakan sirkuit jalan raya yang setiap penyelenggarannya dibagi menjadi 4 Zona bagian untuk nonton. 




Zone 1 (Yellow zone)
Ini adalah tempat yang paling prestige yang ada di Singapore GP ! untuk mengaksesnya kamu membutuhkan tiket yang memiliki keterangan all access (mengcover seluruh zona / area). di zona ini banyak yang bisa dinikmati mulai dari panggung konser khusus (The Wharf stage) biasanya ada artis utama yang konser disini selain di Padang stage, F1 Village dengan ragam hiburan seperti F1 simulator, paddock club buat kamu yang mau ketemu pembalap dan lihat F1 pit garage (garasi tim-tim kesayanganmu beserta aktivitasnya) dan bisa lihat momen-momen kemenangan beserta penyerahan trophynya. 

Tiket yang mengcover Zone 1 :
a. Paddock Club
b. Sky Suite
c. Twenty 3
d. The Cube (kategori tiket baru di 2019)
e. Pit Grandstand, turn 1 Grandstand, dan turn 2 Grandstand
f. Premiere Walkabout (kalau jenis ini kamu ngga dapet tempat duduk ya, hanya disediakan standing places yang biasanya lebih tinggi dari jalanan sehingga nonton pun masih tetap nyaman)

Cara akses ke Zone 1 : 
a. Gate 1 (Republic Blvd) turun di stasiun MRT Nicoll Highway (Line kuning)
b. Gate 2 (Team Sec Avenue) turun di stasiun MRT Promenade (Line kuning / biru)

Zone 2 (Purple zone)
Ga ada banyak kelebihan dari zone 2, cuma kamu bisa nonton pas banget di Turn 20 dan 21 yang punya view langsung ke Singapore flyer dengan big screen supaya tetap bisa update pembalap mana yang out atau 3 teratas :)

Setiap tiket memiliki akses yang berbeda tergantung dari jenis dan harganya. Ada yang terdiri dari paket 3 hari ada tiket harian. Ini sedikit penjelasannya ya :

Tiket yang mengcover Zone 2 :
semua tiket yang mencover Zone 1 otomatis bisa akses ke Zone 2, disini ngga ada tempat duduknya ya cuma ada standing places (biasanya yang nonton disini kebanyakan punya tiket premiere walkabout

Cara akses ke Zone 2 
a. Gate 2 (Team Sec Avenue) turun di stasiun MRT Promenade (Line kuning / biru)
b. Gate 8 (Helix bridge) turun di stasiun MRT Bayfront (Line kuning / biru)

Zone 3 (Red zone)
Ini sih zona paling favorite dan viewnya keren banget karena di penghujung race pas banget pembalap favorite kamu melintasi garis finish, disitulah kembang api cantik akan keluar mewarnai background dari Marina Bay Sands! dan di Zone 3 ini ada tribun duduk nonton yang bisa ditempati oleh pemilik tiket kategori Bay Grandstand. kalau mau tetap dapat view ini, tenang! pemilik tiket premiere walkabout juga masih bisa stay disini ataupun pemilik tiket all access (tapi jangan harap bisa duduk di tribun ya). Oh iya disini dekat banget sama hotel-hotel ternama tempat para pembalap menginap seperti The Ritz Carlton Milenia, Mandarin Oriental, dan Pan Pacific.

Tiket yang mengcover Zone 3 :
semua tiket yang mencover all access (Premiere walkabout, dll) dan khusus pemilik tiket Bay Grandstand)

Cara akses ke Zone 3 (sama seperti Zone 2)
a. Gate 2 (Team Sec Avenue) turun di stasiun MRT Promenade (Line kuning / biru)
b. Gate 8 (Helix bridge) turun di stasiun MRT Bayfront (Line kuning / biru)

Zone 4 (Green zone)
Zona ini tempatnya pencinta F1 yang juga gila nonton konser karena aksesnya dekat dengan padang stage dan area paling luas di sirkuit F1. hal yang bisa kamu lakukan disini banyak banget mulai dari F1 Simulator, aktivitas games lainnya yang diadakan di booth-booth sponsor, spot foto berciri khas F1, tempat makan, dan paling penting tempat beli merchandise F1 dari seluruh team. Dekat juga dengan penginapan bintang lima The Fullerton hotel)

Tiket yang mengcover Zone 4 :
a. Connaught Grandstand
b. Padang Grandstand
c. Empress Grandstand
d. Stamford Grandstand
e. Zone 4 Walkabout
(dan tiket all access)

Cara akses ke Zone 4 
a. Gate 3 A dan 3B (Stamford) turun di stasiun MRT City Hall (Line hijau / merah)
b. Gate 5 (Fullerton) turun di stasiun MRT Raffles Place (Line hijau / merah)

Dari penjelasan diatas sekarang kita bahas jenis tiketnya, hanya ada 2 jenis kok yakni tiket untuk 3 hari dan tiket harian
  • 3 Days Package
Tiket ini merupakan tiket terusan yang bisa mengcover kamu selama 3 hari mulai dari Jumat (Sesi Latihan 1 & 2), Sabtu (Sesi Latihan 3 & Kualifikasi), dan Minggu (Race Day). Seluruh tiket baik yang 3 hari maupun 1 hari sudah mengcover konser yang ada di Padang Stage yakni Zona 4. Buat kamu penggemar F1 yang ngga mau ketinggalan aksi pembalap hebat kalian + Konser mending beli yang 3 hari deh, selain lebih murah (jauh banget bedanya dibanding beli satuan) ada keuntungan lainnya
  • 1 Days Pass

 Ini tiket harian yang dapat kamu beli jika kamu hanya memiliki waktu yang terbatas atau hanya ingin nonton race day dan konser di hari tersebut. harganya lebih murah dari paketan hanya saja selisih dari harga di hari minggu dan harga paket 3 hari hanya sekita 60$. Jadi sekedar saran, kalau memang punya waktu banyak mendingan beli yang paket 3 hari dan sisanya bisa kamu jual jika tidak digunakan karena tiketnya berbentuk ID Card terpisah :)

ini penampakan tiketnya :


Hal penting mengenai tiket :
- Beli di website resmi kamu harus punya minimal credit card atau account finance luar negeri seperti Pay Pal, western union, dsb ya :)
- Tiket bisa kamu beli dari 1 tahun sebelum pelaksanaan. biasanya penyelenggara F1 Singapore GP akan memberlakukan advance sales dengan iming-iming diskon sebesar 20% (tergantung dari jenis dan tipe tiket)
- Setelah beli, kamu akan mendapatkan email konfirmasi untuk penukaran tiket fisik. Sayangnya buat kita Indonesian Passport holder harus menukarkannya langsung di Singapore (tidak bisa di kirim ke Indonesia) dan biasanya penukaran tiket baru dimulai H-7 sebelum hari pertama Free Practice. Lokasinya akan di infokan mendekati hari pembukaan pengambilan tiket

2. AKOMODASI + TRANSPORTASI

Aku ga akan panjang lebar ya kalau soal akomodasi dan transportasi. pokoknya di Singapore semuanya mudah deh, mau naik MRT, Bus, Jalan kaki juga bisa dan ga jauh kok. sekedar tips, please booking dari jauh hari karena selain supaya dapat hotel yang enak dan pas sesuai budgetmu, dari jauh hari kamu akan dapat harga murah. mendekati hari H supah harga hotel bisa naik 4x lipat dan ga masuk akal. Biasanya aku coba booking dari agoda karena dia bisa pay later (bayar di hotel) dan bisa free cancellation kalau kamu amit-amit sampai batal nonton F1 (tentunya sesuai dengan tanggal dan terms & condition dari hotelnya ya)

Tapi buat yang cari akomodasi seputaran sirkuit ini nih beberapa tempat rekomendasi dari aku :)

HOTEL Bintang 4 & 5
The Ritz Carlton Millenia
- Mandarin Oriental
- Pan Pacific
(3 hotel diatas ini jadi tempat nginepnya para kru team dan pembalap loh, lumayan kalau punya budget berlebih bisa sarapan bareng dan foto bareng kan)

HOTEL BUDGET & Backpacker
- Met A Space Pod
- Quarters Capsule hotel 
- City Backpackers @Clarke Quay
(ini dekat Zone 4 di Clarke Quay)

Saran = Selain di daerah Clarke Quay, kamu bisa cari hotel disekitaran North Bridge Road, Brash Bash Road, Beach Road, dan Stamford Road


TIPS nonton F1 ala CitraPrilly
1. Beli tiket yang 3 days package. Aku biasanya kalo ga Zone 4 walkabout, Premiere walkabout (aku orangnya bosenan, jadi kadang cari spot nonton yang sepi dan nyaman. yang penting ada big screen atau tv soalnya aku ga mau ketinggalan tiap menitnya dan deket tempat makan hehe. biasanya aku suka ke Millenia Walk mall karena di situ ada subway dan resto lain dengan harga normal. jadi sebelum nonton aku isi perut dulu sampe kenyang. Bay Grandstand juga ok kok soalnya bisa dapet view kembang api di akhir race yang keren banget

2. Kalo maniak nguber-nguber pembalap kayak aku sama teman-teman F1 lainnya bisa deh nungguin dari pagi dekat gate 2 dan gate 9 (hotel Mandarin dan The Ritz Carlton). Waktu yang paling pas itu antara hari Kamis - Sabtu di pagi-siang hari. Soalnya di jam dan hari tersebut mereka belum stress dengan balapan dan masih ramah untuk diajak foto. beberapa pembalap yang ramah seperti Daniel Ricciardo, Max Verstappen, Bottas, Vettel akan siap meladeni ajakan foto

3. Konser jadi alasan utama ke F1 Singapore GP ! why not? kamu bisa stand by di Padang stage dari sore hari. Mulai 2018, beberapa konser dimulai sore hari kemudian diselingi dengan balapan dahulu, baru after balapan ada konser lagi. cek timeline artis yang kamu mau tonton disini http://www.singaporegp.sg/entertainment/2019-entertainment-line-up

4. Pakai baju yang nyaman (Kaos yang menyerap keringat, celana pendek / panjang berbahan adem, dress juga boleh) + Pakai sepatu kets ya! sumpah kalau kamu punya tiket all access akan pegel banget kelilingan sirkuit 6KM :D

5. Ambil maps yang dikasih gratis pas nukerin tiket! ini sangat membantu kalo kamu tiba-tiba nyasar di dalem sirkuit soalnya saking penuhnya dengan manusia kamu bisa bingung gimana caranya pindah zona :)

6. Bawa uang yang cukup buat beli makanan dan minuman soalnya walaupun nontonnya dimalam hari, kamu akan dehidrasi. harga air mineral sebotol bisa $ 2 - 3, dan sekali makan di booth bisa seharga $ 10 - 20

7. Beli Merchandisenya pas abis nonton balap aja soalnya suka diskon :), tapi kalau merchandise yang mau kamu beli itu jarang dan banyak peminatnya mending dari awal pas kamu sampe sirkuit (sebelum race). Oh ya soal merchandise, untuk yang official tahun itu biasanya hanya dijual didalam sirkuit. kalau mau cari yang tahun sebelumnya dan ga sempet dapet, bisa kok hari Senin kamu kelilingan sekitar Orchad road aja karena banyak official booth F1 juga

8. Cari penginapan yang dekat sama lokasi balapan, soalnya MRT dan Bus hanya terbatas sampai jam 12 - 1 malam tergantung daerah tujuannya. 

Sekian tips nonton dari aku, semoga bermanfaat ya :)





Kalau ada yang mau ditanyakan feel free untuk reach me by instagram @Citraprilly

Cr photo : Google, SingaporeGP official website dan milik pribadi :)

Komentar

  1. kak itu bisa selfie sama daniel ketemunya dimana?biasanya pembalap suka seliwar seliwer dimananya hehe

    BalasHapus
  2. makasih kak infonya,jadi gak canggung lagikalau nonton F1 di singapur...
    BTW jangan lupa buat mampir ke website kampus saya
    ISB Atma Luhur

    perkenalkan nama saya muhammad rinaldy

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer